Kenapa ya Scorpio kurang laku ??? : analisa ringan.

Sebenarnya saya suka sekali Scorpio.. Power dan torsinya mantab (yang katanya nyaris mengejar Ninja 250). Bahkan disebut-sebut penerus RX-King yang menjadi legenda jalanan itu. Hal ini diperkuat dengan penampilan bodinya kali pertama keluar, sangat mirip bak cempedak dan nangka ( :P ).

Maka saya sedikit heran, ketika sambutan para biker tanah air terhadap si kalajengking kok nggak se antusias si jagoan 2-tak itu.. Ayo dianalisa bersama yang ringan2 saja..

Seperti biasa, warung ini akan memulai dengan melihat tabel teknis. Kenapa begitu? sebab sisi teknis kalo tanpa melihat data sama saja ngawur, dan sedapatnya warung ini selalu mencari data langsung dari pabrikannya. Mari di telaah..

Sebagai pembanding, mari ambil Vixion, motor terlaris sport. Kenapa bukan Tiger ? mmg scr kubikasi sama tapi kita kan lagi tertarik bahas ‘kurang larisnya’..

Dari tabel mesin diatas, satu hal yang sangat nyata yah beda teknologi dan performa. Meski mengalami penyunatan dibanding sebelumnya, Si Pio masih unggul mesin cukup jauh dari Vixion, namun kalah canggih dari sisi teknologi. Si Gendut ini masih pendingin udara, karbu, dan CDI. Performa menang, hanya saja kecanggihan masih tertinggal. Mileage? memang sekitar 2x lebih boros namun dirasa memang lazim melihat kelebihan performanya cmiiw.

Lanjut ke chassis..
lagi-lagi si Pio kudu mengakui kelebihan Deltabox Vixion. dari segi handling, rangka Deltabox lebih mantab dan banyak diaplikasi di dunia balap. Apalagi dg pengalaman bahwa rangka dobel cradelnya lemah di sisi shock belakang.. :(

Berikutnya Desain dan dimensi.
Desain motor 225cc ini tahun kemarin memang mengalami metamorfosis, lebih ganteng imho. Namun entah mengapa tetap kurang disukai? barangkali karena kegendutannya, atau kurang proporsional dengan kebanyakan orang Indonesia.. tidak bisa saya pastikan.
Apalagi beratnya bertambah signifikan menjadi 142kg..

Harga? sebenarnya harganya nggak mahal amat, masih mahalan si macan.. Namun sayangnya harga jual sekennya kabarnya juga lebih jatuh.. cmiiw.

Wuuokehh.. cukuplah saya kira uraiannya, hanya kurang kesimpulannya..

Kesimpulan ringannya adalah :

Si Pio kurang laris karena meski secara mesin cukup superior namun masih konvensional teknologinya dan mileagenya pun lumayan boros (sktr 26km/l yah? ). Chassisnya kurang canggih dan dikenal ambles serta secara desain dan berat motor kurang populer. Tak ketinggalan, walau harganya nggak terlalu over, namun sekennya lumayan jatuh ..

Singkatnya, mesin scorpio bak pisau bermata dua :D .
Kalau memang jagoan terpanas YIMM ini gigitannya tak lagi menyengat, mengapa tak diganti saja dengan kelas premium 250cc ? Kan 3 pesaingnya sudah lebih dulu hadir.. Yamaha 250(fazer)  kapan?
Rasanya agenda ini lebih mendesak dari “update Vixion”..

manteppp tho gambar fazernya? kepincutt kan??? :mrgreen:

Bagaimana.. ada yang kurang setuju ?
Monggo..(gianluigimario)

About these ads

94 thoughts on “Kenapa ya Scorpio kurang laku ??? : analisa ringan.

  1. Anuku says:

    Kolo njengking :D


    Via MebApp.com

  2. athleter says:

    Bison,vikson,scorpion???

    Tetap scorpion…

  3. Ari CX Rider says:

    intinya ,,

    karena shock ambless,, dan tampang barunya yang wagu, imho

    http://areeya2.wordpress.com/2012/02/21/modifikasi-nmp-berhead-lamp-p200ns/

  4. vixy182 says:

    desain nya nanggung..coba ke arah byson bentuk nya..kemungkinan lebih laris…

  5. sang says:

    dari keluaran pertama sampai sekarang si kalajengking gak keliatan ganas, padahal mesinnya garang, desain yang sekarang lebih bagus tp tetep kurang ganteng

  6. Sauerbraten says:

    Simple aja, masukin Fazer 250 terbaru yg berkaki kokoh/gede dan rear disc brake. Cuma itu yg bisa nyelamatin si kalajengking biar gak kejengking melulu. Basis mesinnya sama kok, jadi mikirin apalagi? Saya jamin bakal sukses jualannya, karena modelnya terlihat lbh dewasa dan elegan tuk sebuah motor laki2 dewasa.

  7. smartf41z says:

    Kapan hari ada pengunjung mampir blogku. Doi habis ratusan ribu membenahi kaki belakang scorpio. Kok mahal yyy

  8. nanared says:

    jujur mas bro,saat maw naik kelas,scorpio ini jadi target juga,tapi lantaran buritan yang terlalu turun dan mevet sama ban,jadi saya coret,soal lain saya gak pikirin,untuk motor massal seboros2nya 4 tak masih lebih boros 2 tak lah,saya mantan pengguna 2 tak dan pertama kali pindah ke 4 tak.

  9. enth says:

    konsumen yamaha rata-rata anak muda, dan scorpio kurang berjiwa muda (pendapat pribadi lho)

  10. sinbe says:

    Klingon oh klingon… Si buruk rupa tp tenaga jos :mrgreen:

  11. redbike92 says:

    mungkin soal sokbreaker belakang yang ambles (scorpio lawas) kak bro. Dan juga di kelas 200cc – 225 cc mindset orang pasti ke Honda Tiger (entah kenapa padhal mesine lawas ckck)

  12. Hermesh says:

    kalo mesin masih tergolong canggih daripada tiger dan motor seconnya malah banyak dicari untuk dimodifikasi khusus untuk scorpio lama, tapi new scorpio z yang jadi masalah adalah disainnya coba lihat posisi lampu depan yang terlalu tinggi terlihat lucu dan bentuknya yang kotak , lampu belakang yg besar dan aneh , spakbor belakang malah kayak motor bebek F1ZR , ban lingkar 18″ yang gak pas dengan desain body seharusnya lingkar 17″ dan lebar , untuk tangki sudah keren karena lebih kekar

  13. bimo96 says:

    body kurang sip :D itu menurut ane

  14. Spacey says:

    Karena ini produk yamaha, maka desainnya yang sangat berpengaruh, seharusnya lebih keren dari tiger. seperti dahulu kala, agar jupiter z laku, desainnya harus lebih cantik dari kompetitor. Untuk kwalitas tunggu beberapa tahun kemudian. kalau berkualitas, penjualan membaik, kalau kualitas buruk ya umurnya pendek.

  15. tovavanjava says:

    Desain..mesin dan harga bro… :D
    *tau kan maksud ane..hehe… ;)

  16. javabiker says:

    buat saya si pio kurang seksi ;)

  17. bayu mandala says:

    bagian belakangnya jelek,headlamp,knalpotjelek,padahal diindonesia banyak modifikator yang jago buat desain motor sport modern.harusnya pake jasa mereka…..

  18. tiger250 says:

    Si pio katanya gak cocok buat yang berjiwa muda,tapi kalo yg tua2 gak ada pantasnya naik pio,trus pio pantasnya buat sapa ya……………?
    Kenapa pio kalah sama macan? Padahal macan tenaganya gak segalak pio,mau tau jawabanya,tanyakan pada rumput yg bergoyang,eh sama pengguna macan dunk…………..!!

  19. mas wahyu says:

    Vixiku jg ambles

  20. bang ami`un says:

    bentukx juelek dan aneh

  21. dz says:

    Hmm slain desain dll imho sya ga suka namanya bro ‘scorpio’ kurang gagah buat motor.. Bndingan ma tiger, bison, vixion, ninja keren kan hehe..

  22. Njeplax says:

    semua kriteria diatas yang membuat kurang laku scorpio emang benar adanya :), tapi semua kekurangan tersebut akan sirna jika telah memilikinya… :).
    Mesin Ok , dengan basis mesin yamaha XT series yang telah melegenda sebagai motor enduro, durabilitas dan performa telah teruji..cari deh di google.
    Shock ambles… hihihi… ciri motor enduro emang shocknya empuk.. buat nerjang medan berat..
    rangka double cradle .. emang cocok buat motor light enduro..
    bensin gak boros2x banget rata2x dalam kota 30 Km/L luar kota 35 Km/liter cek deh motor sekelas rata2x juga segitu tiger,ninja250,cbr250
    dan yang terakhir gampang dimodif… :)
    soal harga jual emang anjlok tapi sangat jarang orang menjual PIO nya..cek deh di showroom2x motor bekas.. pasti susah nyari PIO second :)

  23. theo says:

    Kayak fairing cbr kang :D

  24. kasamago says:

    udah nasib, dewi fortuna udah berpihak pada adiknya..

  25. widyawan says:

    Fazer mirip cbr 600 ,atau sebalik nya ?

  26. Skipz says:

    Lebih mantapp yg model ;lama mas cz lebih ramping & manis modelnya.
    Btw Pio koq konsumsinya sama ya dgn Ninja150 SuperKips yaitu antara 27-35km/l padahal powernya terpaut 12Hp serta topspeed & rpm mesin lebih tinggi Ninja150 mungkin karena teknologinya kali ya.. Walaupun begitu tapi harga Scorpio lebih terjangkau dr pada Ninja150L.
    Ada harga ada Rupa.. :)

  27. oche says:

    setuju dengan pendapat bro – bro diatas, desainnya kurang, cc nya nanggung, ayo donk YMI keluarin Fazer 250 nya, ada isu YMI mo ngeluarin King Series 250 cc 4 tak, bener nggak sih…???

  28. agungsevi says:

    kalau boros ya g juga,, kan mesinne beringas kang… klo body ya ancur… wakaakka

    • memang untuk performa demikian maut, mileage sekian masih rasional.. ane sependapat bro..
      barangkali aja ada yg nggak suka ‘boros’nya..
      temen ane ada yg blg gitu :)

  29. wawan says:

    bro… bukannya itu yamaha byson d pakein fairing….?

  30. Anonymous says:

    bener banget pembicaraan di atas tadi, Scopio itu bagi yang ngerti mesin dan ngerti motor, yang memang hoby dengan otomotif, bukan hoby koleksi otomotif..inget beda mas bro…

    buat gw sekali scorpio tetep Scorpo…Bravo scorpio….

  31. eduard the warrior says:

    scorpio itu asik bener dikendarai dan bener2 gak nyesel dah. Ane baru beli scopi merah dan ternyata benar…handling se enteng megapro tapi tenaga seperti badak. Pake motor ini bawaannya selalu senyum terus. Dan puas banget asepin motor motor lainnya…bravo scopio..

  32. eduard the warrior says:

    se enteng GL PRO –> ralat

  33. eduard the warrior says:

    kalaupun yamaha keluarkan fazer250, apakah harganya tetap dibawah Rp. 25 juta? itulah problemanya….

  34. Dicky MXD says:

    Sebetulnya masalah rangka di scorpio gak ada masalah..karna setahu saya scorpio basisnya adalah trail enduro untuk pasar jepang pihak YMI saja yg terlalu memaksakan scorpio untuk menjadi motor urban akibatnya suspensi depan belakang di sesuaikan bwt kebutuhan tersebut sehingga tampilan yg seharusnya sesuai dengan kapasitas dan torsi mesin menjadi sangat tidak proposional..klo pada saat peluncurannya teta mempertahankan model yg di jepang saya rasa akan beda ceritanya..mungkin yg akan booming bukan kawasaki klx tp justru yamaha scorpio

  35. itu namanya strategi yamaha. lihat saja iklan televisi yamaha scorpio z dahulu, tidak total menampilkan sosok yamaha scorpio z kan ? hanya tayangan sekelebat bayangan hitam dan diikuti narasi “yang sudah terbukti tak perlu banyak bicara”. strategi yamaha terhadap scorpio z adalah strategi kepada konsumen ‘FANATIK YAMAHA’ yang sangat puas dengan performa motorsport yamaha bermesin 2 tak era tahun-tahun lawas, seperti performa buas yamaha rx king dan yamaha tzm yang dahulu garang merajai jalanan indonesia. yamaha scorpio z hadir untuk konsumen yang fanatik kepada dua roket darat yamaha tersebut. sekaligus mengisyaratkan bahwa teknologi mesin motor yamaha 2 tak perlahan mulai tergantikan dengan teknologi mesin motor yamaha 4 tak yang lebih canggih, ramah lingkungan, efisien dan lebih buas. maka yamaha hanya mendongkrak penjualan yamaha vixion dan tidak mendongkrak penjualan yamaha scorpio z. bahkan yamaha mengeluarkan yamaha new scorpio z hanya untuk penyegaran sang andalan yaitu yamaha scorpio z agar tetap memiliki reputasi baik di masyarakat tapi dengan cara mengurangkan tenaga mesin yamaha new scorpio z supaya tidak terlalu jadi motor yang disukai untuk dimiliki oleh masyarakat dan supaya tidak sering berwara-wiri di jalanan, dan cukup hanya para aparat kepolisian saja yang diharapkan memiliki yamaha scorpio z. dikarenakan yamaha scorpio z sangat kencang. dan agar si kalajengking tetap jadi motor exclusive.
    karena sesuai permintaan para pemilik yamaha scorpio z sendiri juga, termasuk saya, yang tidak ingin ramai saingan dengan pengguna yamaha scorpio z lain atau istilahnya ‘para pemilik yamaha scorpio z tidak ingin yamaha scorpio z jadi motor pasaran’. sekian dan terima kasih.
    YAMAHA SCORPIO Z IS THE BEST.

    • eduard rahendra says:

      bener itu . Sy setuju dengan koment ini. Sebagai pemilik scorpio z tahun 2012 sy sangat puas dengan performa motor ini. Walau ada satu kekurangan yaitu bobotnya yg berat alias 142 kg. Ya harus pake protektor dan banyak doa supaya ngak jatuh dan kalau jatuh ngak sakit sakit amat heheheheh…Tapi denger2 ninja 250 lebih berat dan pulsar 220 juga lebih berat.
      Dan memang benar ini motor kenceng yg dibeli oleh polisi. Mungkin buat nguber maling…mungkin

  36. Anonymous says:

    top dewe untuk kelas motor murah

  37. fain indra Pe says:

    ane masih penasaran ngubah kerangka scorpio ? apa terlalu lentur ?
    ada blog orang lain mengatakan kerangka di kasih “GUSSET” untuk mengurangi ambles nya monoshock , ada yang bilang ganti monoshock thailand merek YSS . . heemm jd susah menetukkan pilihan !!?
    ane rela dah mngubah bentuk dan biaya banyak asal kenyaman pada saat mengendarai tidak terasa pegel2 gt,,,

    • Tezhiro says:

      Ganti YSS enak om.. ane dlu ganti YSS.. dia empuk tpi diajak nikung g goyang.. kalo masalah ambles sih masih dikit tapi gk seambles standar… Kalo bahasa kerennya mah Preload YSS lebih kecil dripada Scorp.. tp reboundnya lebih bagus.. cmiiw

  38. Tezhiro says:

    Ane mantan pengguna Scorpio 2004.. Alhamdulillah jodoh selama 8taun.. Scorpio bener bgt bisa “Nyeimbangin” Ninja smpe gigi 3 doang.. kesananya mah wasallam…
    Kalo menurut ane kurang laku kenapa? Sebetulnya dia kalah pamor sama si tiger.. itu aja simple..
    Padahal kalo secara mesin Scorpio cukup banyak yang seneng buat dipake modif.. Bule juga suka.. Liat aja modifannya Deus Ex Machina.. dia cukup banyak ngebangun dr Scorpio..

  39. jaegar says:

    scorpio sumber inspirasi kreatif pemodiv…..Indonesia

  40. siti jenar says:

    Kepedean wkwkwkwkwk…motormu ninja 1 dapat scorpio 2……ngaca mas

  41. ami says:

    kenapa kurang laku? karna populasi orang yg benar2 ngerti motor, yg gak ikut2an, yg menelan iklan mentah2, memang cuma sekian persen. benar yg dikatakan di atas, segmented banget, khusus utk org2 tertentu dan bukan motor pasaran. kembali ke selera masing2.

  42. paijo says:

    mesin cepat bergetar transmisi a cuma 5.. lemot di ajak trikan jauh

  43. bendot says:

    kalo bicara rangka scorpio,apa ga keliru dibandingkan sama vixion?? justru double cradle scorpio lah yang terbukti sangat kokoh, mau bukti?? motor produsi yamaha bergenre trial pun menganut konsep sasis sama persis dengan scorpio. padahal kita tahu motor trial itu lebih robust dalam hal mengingat penggunaanya yang diperuntukan offroad mendaki tebing terjal bebatuan. jujur saja dari semua motor laki yang beredar umum di indonesia cuma scorpio yang menurut saya yg paling mumpuni dalam masalah kekuatan sasis nyadesign rangkanya benar benar sempurna dalam hal ketahanan dan kekuatan. kalo masalah mode mmg saya akui kurang sesuai untuk anak2 remaja dan penyuka bentuk sport.tapi itu kan relatif dari sudut pandang siapa. but scorpio still the best……,

  44. vinno says:

    Scorpio bentuk’na d’ubah donk biar bih menarik,,….

  45. Great post. I was checking constantly this blog and I’m impressed!

    Extremely helpful information specifically the last part :) I care for such info much.

    I was looking for this certain info for a long time.
    Thank you and best of luck.

  46. dom says:

    scorpio itu bukan motor yg cuma di nilai dr sisi mesin ataw tampilan menurut saya,karna saya juga punya yamahar15 dan sudah saya uji coba scorpio jauh dr sisi mana pun dan itu perlu analisis yg lebih untuk bisa memahami…

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s