Arbain Nawawi : Hadits 12 – Azas manfaat.

Bismillah.
Hadis Arbain Nawawi kan sangat populer, dan telah di-syarah Ulama2 besar, dari jaman dulu sampe sekarang.
Saya ini ndak punya ilmu yang mumpuni, bakat yg hebat, atau pemahaman kuat..tentunya bukan apa2 dibanding mereka. Oleh karena itu, disini saya ga berniat men-syarah seperti mereka. Saya cuma mau menulis point2 singkat yg ditangkap pikiran saya dari membaca penjelasan Ulama2 trsebut. Boleh ya?
Kalo ada yg keliru terimakasih bila diingatkan.
Kalo benar, itu semata dari Allah.

mari mengkaji  Hadis berikutnya..

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيْهِ[حديث حسن رواه الترمذي وغيره هكذا]

Terjemah hadits :

Dari Abu Hurairah radhiallahunhu dia berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Merupakan tanda baiknya Islam seseorang, dia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya .(Hadits Hasan riwayat Turmuzi dan lainnya)

Catatan kecil :

Maksudnya “tidak berguna” yaitu tidak penting atau tidak membawa  manfaat baginya. meninggalkan hal tersebut menjadi ciri baiknya islam seseorang.
mengapa ? menurut syaikh Utsaimin, hal ini akan :
– lebih menjaga waktu
– lebih menyelamatkan agama
– lebih meringankan hidup.

Masihkah hari kita banyak terisi hal2 yg tidak bermanfaat sama sekali? kalau iya, rasanya islam kita belum baik/sempurna.. Mari perbaiki bersama-sama :P

Demikian, monggo… (gianluigimario)

About these ads

25 thoughts on “Arbain Nawawi : Hadits 12 – Azas manfaat.

  1. sang says:

    bisa jadi parameter tentang islam kita

  2. Gogo says:

    bener.. jangan2 sia siakan waktu..

  3. ex tigi rider says:

    like this…

  4. Dr.Feelgood says:

    Seperti lirik Lagu Raihan dalam lagu Demi Massa, ingat lima perkara sebelum lima perkara, ingat sehat sebelum sakit, kaya sebelum miskin muda sebelum tua, lapang sebelum sempit, hidup sebelum mati. Kebanyakan manusia hamba Allah lalai, lena, lupa, bahkan mungkin buta untuk mengingatnya. Seperti sakit misalnya di saat tubuh diberi karunia kesehatan yang prima manusia lupa untuk menjaganya, disaat sehat hanya waktu – waktu tertentu dia mengingat nama Allah bahkan ada yang tidak mengingat sama sekali. Ketika Allah beri sebuah ujian sakit (sakit merupakan suatu bentuk karunia dari Allah bagi orang – orang yang berpikir) dan tidak ada seorang pun yang berada disampingnya maka pada saat itulah ia menyadari bahwa hanya Allah yang selalu mendampinginya. Sakit adalah bentuk karunia Allah kepada hamba-Nya karena pada saat sakit dosanya digugurkan seperti gugurnya daun – daun kalau si sakit menerima dengan sabar. Tetapi tidak jarang juga walaupun telah diberi suatu ujian atau cobaan manusia tidak mengingat Penciptanya sama sekali. Padahal Allah hanya meminta nama-Nya disebut dan diingat disetiap tindakan.

  5. Dr.Feelgood says:

    gk ada ko mas gian, mungkin orang tersebut tidak membaca secara keseluruhan postingannya dengan teliti dan komentar2 yg lain yg bernada becanda dia anggap serius. dan juga bisa jadi orang tsb sedikit tempramen shingga ya begitulah jadinya. udah mas, jgn diambil hati. tenang saja mas.

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s