Ban IRC sekarang kualitasnya menurun???

Kalau ditanyakan para biker ban apa yang dipakai motor mereka, hampir pasti IRC bakal menjadi salah satu merek yang paling teratas. Tapi rupanya beberapa tukang ban  berpendapat lain.

Menurut kang Muji yang menekuni bisnis motor dan sepeda pancal semenjak tahun 80-an, ban dalam IRC sekarang gampang sobek.
Terutama di bagian ‘sambungan“, jelas bapak satu anak ini. “Pelanggan saya banyak yang mengalami hal itu“.
Lha yang bagus apa kang?
Terbaik bagi saya ya ban dalam Federal. Kuat banget, sayangnya sekarang sudah jarang ditemui..” sambung lelaki berkumis ini.

Rupanya enggak bang muji aja yang berpendapat demikian. Setiap kali ganti ban atau sekedar menambal, tukang yang saya tanyai (lebih dari lima orang) hampir selalu menjawap serupa..yaitu ban dalam IRC relatif ringkih, masih bagusan Federal yang langka itu.

Kalau ban luar gimana???
Nah, untuk perkara satu ini ada seorang teman gianluigimario yang berpengalaman di dunia ban semenjak kelas 2 SMP. Cowok yang sekarang berusia 25 tahun itu mewarisi bisnis sang bokap.
Saya nggak pernah jual Ban Luar IRC lagi mas, soalnya banyak dikomplain sama konsumen. Gampang melembung (menggembung) dan sekarang relatif tipis. Padahal sebelum tahun 1997 saya ingat betul kalau kualitasnya ekselen, nyaris semua orang yang beli ban nanyain ban IRC,” ulasnya,
”  sekarang malah kontras, banyak yang komplain ketimbang puas. Makanya sudah nggak nyetok IRC lagi

Lha sekarang jualan ban apa?
Dunlop sekarang paling bagus mas.. terus lebih murah juga ketimbang IRC,” jawab jejaka yang masih kuliah di IAIN Surabaya ini,
kalau soal ban dalam, Federal pancen sip tapi merek Dunlop juga tak kalah bagus,“tambahnya.

Wah kenapa ya IRC kok mengalami degradasi performa semenjak 1997 (jaman krisis moneter tuh :) )?
Semestinya kalaupun harus mengurangi biaya produksi jangan sampai berdampak pada kualitas, yang berujung pada ketidak puasan konsumen seperti yang di keluhkan para penjual ban tersebut. Kok bisa harga lebih mahal tapi kualitas masih inferior??? Mungkin yang dimaksud para tukang dan retailer ban adalah tipe tertentu saja.. bukan secara keseluruhan, imho cmiiw

Pastinya tergantung perawatan dan pemakaian, tapi menurut opini sampean ban yang bagus merek apa? monggo..
(gianluigimario)

About these ads

146 thoughts on “Ban IRC sekarang kualitasnya menurun???

  1. ben says:

    saya adalah penggemar IRC NR73 sejak 2005 (ban standar motor saya Shogun 125SP), untuk harga yang sekelas performa berbanding keawetan benar2 bagus.
    tapi memang sempet denger sekarang IRC suka melembung, tapi sejauh ini saya tidak pernah mengalami (Alhamdulillah…)
    kalau memang bener gampang melembung, IRC harus segera berbenah… jangan sampai konsumen kabur….

  2. brigade jalan raya says:

    Wah kok begitu yah. Masalah serupa dengan yang saya alami pada ban dan merk yg sama. Beli dunlop atau fedelar saja kalau begitu.

  3. jeje says:

    saya termasuk yg pernah beli IRC, DUNLOP, MIZZLE, juga Federal mungkin yak…
    ban luar IRC sebagian model memang gampang melembung, tapi saya koreksi pernyataan mas yg bilang harga IRC lebih mahal, di tempat saya dan daerah sekitarnya harga IRC murah mas, lebih murah 3ribu atau minimal sama dengan harga ban luar federal, soalnya saya pernah pasang. tanya di 2 toko berbeda juga harganya sama,
    untuk merk DUNLOP memang lebih murah, tapi sayang kualitas kompon bannya keras, setelah beberapa bulan dipake ban saya mulai keras, karetnya terasa kaku. yg top itu mizzle, tzpi harga agak mahal dan kompon ban sedang, atau lunak

    • Rony says:

      dunlop emang keras n kurang nggigit..kalo ujan rasany jg lbh licin..:-)
      irc sedang lah..megapro di rumah pake irc dngan jarak tempuh minim 50 km per hari lewat jalur cepu-randublatung yg bergelombang n bnyak lubang alhamd aman..
      stju dah ama pndapat sampean bro

      • Wiro Sableng says:

        Ah… Nggak y semua Dunlop komponnya keras dong…. Mungkin yg dulu pernah sampeyan coba yg tipe TT900 kali bro. Coba pakai yg tipe TT901. Dijamin grip & handlingnya mak nyusss…..

      • ada kelas dan segmen harganya..

      • jeje says:

        Wiro Sableng says:
        01/09/2012 at 19:10 0 0 Rate This
        Ah… Nggak y semua Dunlop komponnya keras dong…. Mungkin yg dulu pernah sampeyan coba yg tipe TT900 kali bro. Coba pakai yg tipe TT901. Dijamin grip & handlingnya mak nyusss…..
        ————————–
        catatan untuk dunlop yg harganya setara merk lain mas paling selisih cuma 10ribuan, bukan yg lebih mahal..kalo yg mahal ya bagus, buat balap aja ada kok

      • sipp.. ada harga biasanya ada kualitas.. pisss :D

    • sip , masukannya bagus banget mas.. perlu di bahas nih Mizzle

  4. Rony says:

    pengalaman saya juga gtu mas..untk ban dalam lbh josz pake federal..tp kalo ban luar saya pake irc alhamd aman2 aja..hehe..

  5. gasfuel says:

    kalau ban dalam menurut saya paling manteb punya mizzle, tebel banget karetnya
    tapi ya itu tadi sesuai juga dengan uang yg dikeluarkan

  6. Basho says:

    Dulu waktu ganti ban luar, saya juga sempet mau pake IRC, tapi ngga direkomendasiin sama bengkel langganan. Pengalaman pake dunlop, harganya murah, tapi komponnya keras, dipake 10ribu km, kembangan masih dalem, tapi udah banyak retak di sisi2nya. Akhirnya pake FDR

  7. dave says:

    waduh,, motor saia pake ban apa ya merk nya?
    btw kl buat ban tubeless yg IRC bgs ga ya?
    apa menurun jg kualitas nya ya?

  8. mr.you says:

    isu ban irc ban gelembung memang dr dulu sdh ada,tp sy pemakai setia ban irc dr dulu tdk pernah menemukan gelembung di mtr sendiri.jd semuanya hanya isu&hoax semata

  9. redbike92 says:

    Habis lebaran artikelnya tambah mantap nih :D
    Ya ban Federal agak langka mungkin karena ban Federal dipake jadi ban standaranya motor Honda, makanya jatah ditoko agak dikit. Kalau ada udah diburu banyak orang.

    IRC kalau dijalan yang mulus sih gak apa-apa, tapi kalau jalannya jerawatan ya memang kuallitasnya agak gimana gitu :D

  10. jeje says:

    saya ban dalem IRC awet banget, 2 kali ganti ban luar tapi ban dalam tetep, bisa sih ampe 3 kali, tapi khawatir, dan itu belum pernah bocor, kalopun bocor itu karna kena paku bukan bocor karena retak.

    mizzle juga bagus baik ban luar atau dalamnya.
    Federal bagus ban dalamnya aja, ban luar juga sih tapi model dan kembangannya kurang sip.

  11. axo92 says:

    IRC memang menurun kualitasnya broo….
    kalo pengalaman saya, yg bagus tu cuma ban IRC yg masih bawaan dari pabrik.
    dulu di mio ban yg bawaan pabrik nggak ada masalah sampe 2 taunan, tapi terus ganti ban beli di toko, meskipun bukan ban stok lama (liat dari tanggal pembuatan) kualitas tetep beda.
    gampang bunting, trus juga cepet tipis kembangan/ tapaknya.. terus juga kalo buat nikung lumayan miring goyang2.
    kalo buat ban dalem memang tipis juga, kalo udah pernah ditembel jadi sering bocor.
    sedangkan kalo FDR/FEDERAL, kurang tau. tapi pengalaman ban luarnya luicin buanget..

  12. paedhimas says:

    walaah… tetanggaku yang tukang tambal ban dalam juga ngomong gitu lho,cak… salam kenal… https://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2012/09/02/melepas-jenuh-sejenak-ke-pantai-pancerpuger-jember/

  13. reza says:

    indotire mantab mas!
    - history dari tahun 2009, sempat pake dunlop TT901/900 lupa (bawaan shogun sp) Licin banget dan keras, ban belakang cuma pemakaian 12000km, belum abis udah saya ganti yang baru,

    - terus FDR flamo ini ban juga licin dan cepet abis ban belakang nya 12000 udah gundul total, ban depan masih pake dunlop

    - abis itu ganti Indotire street fighter ini yang paling joss super lengket dan cukup awet untuk ukuran kompoud lembut,.. ban belakang bisa sampe 14000km,

    ga tau kenapa, saya kalo ban belakang boros banget, paling 12000 an udah gundul, kalo ban depan baru awet, 2 kali ganti ban belakang = 1 kali ban depan, hahaha..

  14. aku penggemar irc sejak tahun 1994. Dari dulu belum pernah nemui ban benjol.
    Pernah pake dunlop (bawaan new shogun 110) tapi licin bianget, sampai pernah celaka waktu jalan sekitar 115km/j ada sepeda ontel nyeberang serong, udah ku rem depan belakang abis2an ban malah ngunci tak bisa ngegrip, untung motor bisa jatuh, dianya cuma kesenggol, lecet dikit. Tp motor bonyok. Sekarang kapok beli dunlop.
    Anyway 3 bulan lalu jajal indotire streetfighter untuk ban belakang, sampai sekarang udah kupake lebih dr 5rb km masih oke, handling motor tak ada gejala selip, kembangan masih dalam.
    Untuk ban dalam aku gak minded, soale kalo ban bocor tak mengenal waktu dan tempat, so merknya sangat tergantung persediaan tukang tambal ban. Biasane percaya aja ama tukang TB, mana yg dia bilang bagus, ku beli

  15. ax125 says:

    Bener banget mass
    Kemarin sabtu ban saya (IRC) bocor
    Padahal nggak kena paku
    Kata tukang tambal banya kena di sambungan :grin:

  16. Dr.Feelgood says:

    wah masa seh sekarang kualitasnya jadi menurun. terakhri saya make band merk IRC itu cuman pas waktu motor masih baru saja. udah dua2nya aus, langsung dilengserkan dengan merk FDR kemudian sekarang make merk Mizzle. alasannya simpel, pengen nyoba berbagai karakteristik dari tiap merk ban. apakah bagus atau cocok tidaknya dengan motor dan cara berkendara saya. :D

  17. ganjar says:

    FEDERAL ATAU FDR tuh yang bener ? kalo ban dalem FDR emang bagus , tapi kalo ban dalem federal saya belum tau..ban federal bukannya bawaannya salah satu ATPM yaitu honda ?
    sekarang sih pake ban belakang IRC tubeless dan ban depan Dunlop , dan pake dunlop emang ga licin ko..ga semua modelnya licin ko..

  18. Anonymous says:

    Salam kenal mas……

    Memang ban IRC sekarang mutunya jelek…..

    Kalau gak sobek ya dalamnya yang rusak…..

  19. ndudd says:

    ga semua ban IRC jelek ko bro anonymous , kalo jelek mengapa masih dipake di pabrikan motor dan dengan jenis motor sport seperti ninja 250..

    • betul juga ya.. thanks mas..

    • Nadzir says:

      gw pake ban luar IRC 3.00-18 buat mtor thunder kira2 2,5 tahun baru mo ganti ban belakang udah botak tapi yg depan belom,cukup empuk gak da masalah, tapi liat comment disini mu ganti yg tipe sama aja,awet bro jarak jauh terus.maklum orang lapangan.

  20. cah cilik says:

    bos jangan mau ditipu tukang tambal ban,ban bagus dia bilang jelek dan ban jelek dia bilang bagus.soalnya kalau semua orang pakai ban bagus ga ada ban rusak atau bocor jadi ga ada yg tambal ban kedia…..inget penebar ranjau paku siapa dia?

  21. yusron jaya says:

    Klo dari pengalamanq ikut balapan sih pake power grip bisa ngimbangin pembalap lain yg pake battlax.kbetulan motorq menang seting mesin,jd bisa ngasepin 14pembalap dr 15 startr.

  22. ndudd says:

    cukup IRC NR80 90/80 tubeless untuk belakang dan maxxis MA3D 70/90 tubeless untuk depan :)

  23. ndudd says:

    Insya Allah anti sliding selama bawanya ga ngawuran dan ga pecicilan saat rebahan :)

  24. ndudd says:

    yup betul , ga selamanya rebahan ga jatuh walaupun pake ban semahal ban moto gp :D

  25. arbro says:

    waduh ane baru ganti ban dalem irc, ban luar ganti corsa

    kalau tau harga corsa sama dengan irc, mungkin ane pilih irc, irc dipake blade toh

    ini pertama kali pakai corsa, tapi kok rasanya tetep enak pakai ban luar federal ya

  26. ndudd says:

    pengalaman pake corsa di velg belakang buat rebahan mantab juga ko , cuma sayang bagian yang gundul cuma bagian tengahnya saja dan bagian pinggirnya masaih tebel banget..pake corsa s18 waktu itu

  27. ndudd says:

    tapi saat dibawa rebahan kadang berasa kaya dijalan ga rata , apalagi kalo kondisi angin ga sesuai..

  28. Only says:

    IRC sekarang memang jelek, ban msh tebal sdh bunting, dia cuman menang byk penjualnya saja, jd pas dijalan ganti ban tukang tambal biasanya stok cuman IRC ya pake IRC lagi, kalo gak langsung diganti ntar mletus bisa susah urusannya.
    Oh ya, merk ASPIRA juga jelek, kira” beda 2bulanan sama IRC benjol juga.
    Saya naik motor bebek speed normal dan jarang mau lewat jalan pinggir yg tanah, takut paku.

  29. ndudd says:

    ya mungkin ga semua tipe IRC jelek sih , di ZX saya yang satunya masih pake ban bawaan NR72 tubetype dan saya baru sadar sudah ada bentuk benjolan benjolan..tapi pake IRC NR80 tubeless selama ini Alhamdulillah aman2 saja..

  30. Galeh says:

    Emang ban dalam irc skarang jelek minta ampun.sambungan penyebab utamanya.apa mungkin ini sebuah politik ya.

  31. DarthVader says:

    Saya pemakai ban IRC dari dulu…. memang bener ban IRC sering mengelembung (bunting) & ini saya sudah alami hingga 3 kali !, Sekarang saya coba pake FDR….sampe sekarang sih belum ada keluhan…. ini murni pengalaman saya aja. thanks

  32. ndudd says:

    FDR emang bagus walaupun produk dari astra , tapi ban FDR termasuk softcompound yang menurut saya cepat habis jika dipasang di ban belakang..

  33. willy says:

    bener bro, ak pake ban IRC NR25 baru pemakaian 1 thn ban sdh melembung padahal itu sepeda jarang aku pake…

  34. ndudd says:

    semua merk ban pasti punya pendapat berbeda beda dari setiap orang , yang penting masih tetap pake ban motor daripada pake ban kereta

  35. emotemot says:

    ada rekomendasi ban buat ban depan 60/80 ; ban belakang 70/80 buat matic velg 17 itu :D pake harian aja kok ga buat kebut2an.. ngeri ban tipis slim kayak gitu ntar slip lagi hahaa

  36. ndudd says:

    ban merk duro

  37. Anonymous says:

    2 kali ganti ban dalem IRC dua-dua nya bocor di sambungan, malah yang terakhir pentil ikut sobek juga… Anehnya ko knp yang bawaan aslinya ( motor baru beli ) ko kuat ya ban dalem nya ( ga bocor di sambungan, bocor nya kena paku !! ) Motor sy Vega R thn 2009.. Skr lg mo coba Mizzle nih mdh2an bagus & awet.. Senang sekali bs baca sharing2 nya diatas bermanfaat sekali utk sy.. Tenk yu.. ;)

  38. ndudd says:

    4 taun ban depan pake ban dalem IRC bawaan motor , belum lama ganti tubeless :)

  39. Fx.nunungary says:

    Y ms.btul skali kwalitas ban irc skarang menurun..sy gnti ban blakang irc blumda 7 blan dah brgelombang gak rata..djalan aspal gak nyaman

  40. fraleg says:

    bener bangt bro.. pengalaman ane ane lebih suka pake ban federal.. sama2 gak selip tapi ban irc lebih cepet aus,,ban dalemnya cpt bocor pula…
    ane pernah pake ban federal udah aus ane paksaain masih gak bocor2 juga ban dalemnya..
    salut ama ban federal moga ttep pda mutunya

  41. Anonymous says:

    Maaf bagi pabrik irc komen saya disini untuk bahan evaluasi kalian saja untuk tetap menjaga mutu, sayang kalo kepercayaan dibalas dengan image yang menurun. Terus terang irc yg sekarang semakin turun kualitasnya saya termasuk pelanggan setia ir luar tapi saya mulai berfikir untuk pindah merek, saya harus ganti ban depan dan belakang karena ban cepet retak dan benjol, kawat didalam membuat ban dalam cepat bocor sekarang saya sedang bingung merek apa yg bagus. Karena made in indonesia ayo tetap jaga mutumu.thanks

  42. kebo says:

    ban luar bagusan dunlop? menurut ane enggak ah. JupMX yg lama ban dunlop dari kembangnya tebal sampe tipis tetep aja ngesot terus, terus kembangnya gampang abis, dengan perlakuan yg sama SupraX gue pake federal sama MX gue. supra km 22rb JupMX 12rb kembangnya tipisan MX. Kalo IRC sekarang ban bawaan kebo gue bang, sejauh ini belom pernah ngepot dan jangan sampe ngepot gan ;)

  43. kang jejen says:

    terus saya harus pake ban luar merk apa nih ?????
    motor saya matic tahun 2009 ban bawaan IRC ban depan cukup awet tahan 3 tahun (tanpa bocor sekalipun). klo ban belakang sudah 2 kali ganti karena sering kena paku (bocor) terus kondisi ban jadi kurang nyaman. nah awal tahun ini (2012) saya ganti ban baru, sekaligus depan belakang dengan ban IRC (untuk ban belakang ini kali ke 3 saya ganti), 6 bulan kemudian timbul benjol” (ban belakang) terus saya ganti dengan IRC lg….nah sekarang tepatnya tadi pagi saya cek (10 desember 2012) ini giliran ban depan yg benjol” kurang lebih umurnya 9 bulan (3 bulan setelah ban belakang).
    sekedar gambaran, memang kondisi jalan menuju tempat kerja, lumayan banyak jalan yg tidak rata nya, dan jalan cor coran (betonan)…..
    minta pencerahannya…….
    terima kasih

  44. Basya says:

    sharing juga ini pake IRC baru beberapa bulan sudah bergelombang nggak enak banget kalo di aspal….kaya bergoyang2, dikirain karena ballbearing, tapi diperiksa BB baik2 saja, konsultasi ke beres, katanya ini kondisi ban nggak bagus,lagi pilih2 mau ganti ban..

  45. ndudd says:

    pake ban kereta aja..xixixixi

    • kang jejen says:

      boleh tuh…..dimana belinya bro ndudd.
      pantesan ban motor loe awet….ternyata pakenya ban kereta….wkwkwkwkwkw

  46. ndudd says:

    beli di PT.KAI..xixixi

  47. Ferdy says:

    Numpang sharing bro : ane pk ban IRC NR-72 di ban blkg satria FU, kembangan masih tebal tapi udah melentung di beberapa tempat (klu ditekan ban-nya empuk banget pas melentung-nya…ngeri), padahal jarang masuk lubang alias aspal rata pemakaian tiap hari,..jd kecewa ma IRC, mungkin yang perlu diperbaiki adalah kontrol kualitasnya (QC)-nya….

  48. ndudd says:

    jangan khawatir kalo semua merk ban yang anda beli tiba tiba benjol walaupun kondisi masih layak pake , bagian yang benjol cukup ditusuk pake jarum secara perlahan lalu ditekan tekan..
    lengkapnya baca aja dimari :) http://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2012/11/13/penyebab-dan-cara-mengatasi-ban-motor-yang-kanker-502806.html

  49. cctvsekurit says:

    urusan ban luar mah ga usah ragu,
    pake aja merek duloh….eh dunlop
    ban ter lawas, paling sip, aspal, coran, kerikil, hanya kalah sama tanah merah…liciiiin

  50. iliketobeugly says:

    Vixion Ane
    (udah 1 stngah thn
    Kilometer 10 rb )
    Masih Pake Ban Bawaan DUNLOP…

    Keluhan :
    1.Pecah2 d samping…
    2.Dulu pas Baru pake 2 hari udah bocor,
    berturut2 5x bocor…
    (Apes aja kali ya,
    kena patahan isi streples aja tembus…
    Nyaris ane Ganti wkt itu)
    3. Pas kondisi Rem mendadak,
    Grip Ban nya kurang nggigit aspal.
    Ngerem mndadak 6 bulan lalu
    d jalan kering, slip
    alhasil 5 hari Izin kantor.
    4. Saat ini udah mulai botak,
    Nginjek Beling TEMBUS…
    Alhasil skrg Sobek.

    Kelebihan :
    – jalan Basah lebih PD…

    (Skrg Lg hunting
    candidat pengganti Ban Blkng)

  51. ndudd says:

    merk MAXXIS maknyuuuuuss :v

  52. ali hasan says:

    ban dalam yang bagus untuk motor itu setau ane merk HUNG-A dan merk FDR. Tapi lebih awet FDR dikit gan,, pokoknya 2 merk ini siip..,, cuma tergantung dari ban luar juga,,kalo ban luar jelek dan kualitas buruk ya gampang juga bocornya..

  53. ban luar irc yg bawaan drspd mtr bisa tahan 2 thn tp setelah aku ganti knp baru 8 bln sdh jebol ? baru2 ini lagi tak baik baru 3 bln sudah mlembung & benjol. padahal penggunaan blnan rata2 200km.

  54. ndudd says:

    ban dalem IRC lemah disambungannya..cmiiw

  55. april says:

    Saat ini Mio saya pake ban IRC NR80 90/80 – 14 M/G TUBLES untuk yg belakang sekitar 4 bulan yg lalu saya beli. Tapi sekarang kok aneh….. sekitar 30cm klo di tekan kayak yg lengkang/ dan retak, dan klo dipake dibelokan kecepatan 30km/jam kayak yg oleng gitu.Padahal bocor aja blom pernah. Apa memang ada yg palsu ato memang kwalitasnya I R C segituuuuuu ??????????
    Yg bingungnya saya lagi……klo mo ganti pake merk apa ya yg tahan minimal 2 tahun lah……..

  56. joecosusilo says:

    IRC memang menurun kualitasnya,ban luaR suka ngelembung dan mudah cacat,ban dlm mdah bocor di sambungan . skrg ban yg sering ditanya konsumen dunlop,aspira,fdr,swallow dan pedral …..

    • duva says:

      motor NMP 2011 milik saya, aslinya memakai ban IRC, keluhannya cuma satu,,,, ban terasa oleng/geol ketika menikung atau mengenai jalan yg tdk rata, setelah saya ganti dgn ban CORSA, semua keluhan yg tadi saya rasakan hilang semua…… mohon kepada IRC utk memperhatikan kualitas dan keluhan dari konsumen…kalau tidak semua konsumen IRC akan kabur semua..

      • Anonymous says:

        Ban terasa goyang pada ban IRC bukan salah pada bannya melainkan pemasangannya. Mohon anda mengecek ulang apakah ban sudah terpasang dengan benar2 lurus dan sesuai velg

  57. endy says:

    saya pengguna ban irc dr tahun 2007 sampai sekarang,yg saya rasakan memang akhir akhir ini ban IRC sudah menurut banget kwalitasny..sering ad benjolan,padahal grip mash tebel,,,saya kecewa banget,sudah harga nya mahal tapi kwalitas ny buruk,tolong dong diperbaiki mutuny,,,klu pun hargany mahal dikit yg penting mutuny bagus

  58. Abdul Razak says:

    z pakai irc NR73, tpi knpa yah banx blum setahun udah ada retak2 bannya,,,itu pengaruh apa yah bro, bsa d kasih thu nggak penyebabnya?

  59. Anonymous says:

    kalau ban dalam IRC sih saya dengar dari tukang tambal ada triknya supaya tidak mudah bocor pada sambungan : pada pemasangan awal jangan di isi angin terlalu keras, nanti setelah dipakai sehari baru anginnya ditambahin.

  60. anonimous says:

    semua ban kayaknya sama buktinya ban bawaan vixion dunlop kok keras cepat habis kalo ban kempes bikin ngeri pecah sampingnya . .
    jadi beli ban tu untung-untungan mau merek dan harganya selangit belum tentu bagus tapi ada yg mereknya rendah dan harganya minim cocok tuk kantong anak kost malah bagus . . .

  61. bali tour says:

    Terima kasih banyak atas informasinya

  62. wavex says:

    pake irc bawaan si vega-r, 5 taun lebih masih ok.
    trus ganti gara2 ketusuk paku gede, bikin ban dalem bocor mulu karena kerikil masuk dari lubang bekas paku tadi.
    eh pake irc yg baru,baru setaunan dah benjol parah…
    skarang bingung mo ganti merk apa..

  63. Bugion says:

    Bener tu, segala sesuatu yg ud Punya Nama di Indonesia ini Kwalitasnya pada Menurun, Masak Ban Tubless gue Merek I** ud mlendung kyk wanita hamil. bual jln keluar bunyi “plek..plek..plek”, semua produk skrg cm menang nama tnp kwalitas, dgn harga selalu Naik..n Naik… “emaneeeeeeee ck..ck.ck…

  64. Lukman says:

    Ane pake FDR Sport XR Evo

    Kalo compare ban agak susah karena kembangannya menentukan grade atau tingkat gripnya, kalo FDR di situs web resminya sudah dilengkapi hasil test yg akurat, kalo merk ban lain apalagi lokal biasanya gk ada hasil test resmi, jadi kalo apes kebeli yg licin di jalan basah bakalan bahaya dan rugi, ane pilih FDE Sport XR Evo karena bannya walau jalan basah maupun kering kemampuan cengkramannya seimbang, asalkan tekanan ban harus ideal, dan ukuran ban dengan velg harus ideal.

    Ane awalnya niat mau pake battlax, tp satu pun gk ada yg ane suka model kembangannya, mahal cuma karna import, coba kalo bridgestone battlax itu diproduksi di indo, ya harganya kurang lebih FDR,,

    Kalo beli ban jangan cuma liat merk aja, tp model atau tipe bannya, misalnya FDR, dia ada juga ban yg mantaf di jalan kering tapi agak licin di jalan basah, contohnya FDR Genzi, bahkan ada yg sangat licin di jalan basah, jadi setiap tipe beda peruntukan, nah sport xr evo lah yg imbang kemampuan nya, baik basah maupun kering.

    Kalo mau pake ban import merk luar, jangan tanggung, sekalian aja ban tipe radial,,,

    Ban benjol, hamil itu kalo ban tubeless, gara2 paku nancep dibiarkan begitu aja,,, gk dicabut, gk ditambal, akhirnya angin masuk ke celah lapisan diatas in liner,,,

  65. Bram says:

    motor sy Shogun 125 kebetulan diblog ini menyinggung soal Dunlop. buat yg pernah punya Shogun tau sndri dong ban bawaan Shogun tuh Dunlop TT900. ban itu ga ada bagus2nya dijalanan kering aja licin apalagi basah dan itu pengalaman pribadi sy sndri. dlu jd sy ga lama2 pake Dunlop pas ada dana lsg ganti ban ke yg lain. jd sy ga setuju bgt klo org2 merekomendasikan Dunlop.

  66. jago balap says:

    battlax lah bro, ga ada keluhan

  67. Saoliang says:

    Ban aspira lebih terjamin. IRC mudah sobek.

  68. sabaduji says:

    wah rame bicara masalah ban, sy sdh coba macem2 merk, sebenarnya menurut sy lo, semua ban rata2 bagus, cuma pemeliharaan yg kurang. coba cek peleknya dan yg penting jangan sampai kurang angin, ini yg paling penting cek tekanan anginnya.

  69. daryanto says:

    karena penasaran dgn kwalitet ban IRC yg sering melembung saya sampe beli 2 X…. eh yg 2 X ini juga melembung…..wah wah wah!!!! ,parah nie produk IRC (oh ban yg sy pake type NR 60 – 2.75), hal yg sama juga terjadi pada pada ban yg dipake temen (lupa typenya) utk ukuran ring 18.

    • abramsp says:

      mungkin kasusnya cm pd produk tubeless kali yah? sy pake udh bertahun2 bolak balik ganti ban luar IRC ga pernah kejadian kya gtu. mungkin krna pake ban dlm.

  70. GP says:

    ga pernah kecewa ama ban merk IRC selama ini..mau beda merk dengan belakang selalu perpaduan dengan IRC (Razzo Series) buat depan..xixixi
    sekarang palah pake ban yg sepabrik ama IRC yaitu Zeneos, kombinasi depan soft compound dengan belakang Medium Compound :D buat rabah basah kering no problem :) hehehe

  71. Slow_down says:

    tergantung tipe sih, yg pernah saya coba Nr-72 yg ada bintang2nya, memang cepet benjol2, & cepet botak.

    tapi seri Nr69 fine-fine aja sampe skrng.

    malah lebih enak Nr69 daripada ban fdr Genzi yg pernahku pake. bannya licin.

    ban murah yg pernah saya pake yg pling cocok mizzle power vtx, dari baru udah nempel dijalan. sayangnya alur tengah cepet gundul. dan gak direkomendasiin untuk muatan berat.

  72. antok says:

    Di dibulan mei kemarin, sy ganti ban dalam roda blakang 3x, semua karena sobek dipentil, diban yg ketiga sudah bocor 3 kali, lalu diawal bulan ini sy ganti ban luarnya tanpa ganti ban dalamnya, e..baru seminggu sdah bocor lagi..padahal juga belum lama sdah ganti pelek. ,ruji, sokbeker dgn yg baru..

  73. merek IRC untuk ban luar sepeda motor masih bagus tapi untuk ban dalam masih bagusan swallow

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s