Suzuki Crystal , kuat tapi suka ngambek..

Suzuki punya banyak produksi motor 4-tak yang apik. Meski demikian pabrikan ini juga pernah menelurkan berbagai macam varian 2 langkah nan handal. Sebut saja RC 100, Tornado GX, Tornado GS, atau Crystal.

Nah nama yang disebut terakhir itu tetangga saya Ning Utri masih punya. Kendaraan keluaran tahun 90-an ini menjadi transportasi keseharian keluarga. Menjemput anak, kulakan ke pasar, atau berjualan keliling. Motor ini patut diacungi jempol karena kebandelannya, walaupun teman saya ada yang nggak suka dengan modelnya. Susah dimodif kata dia.

Tapi bagi pedagang yang mengutamakan fungsionalitas, cuek aja dengan modif atau model :)

crystal 2

Akhir-akhir ini si Crissy sering mogok. dia sempat terlihat ngambek didepan rumah tetangga selama 15 menit. Ning Utri sampai kesel memancal kickstarter tapi mesin nggak mau hidup. Tetangga lain berdatangan membantu, namun nggak juga berhasil. Ajaibnya setelah terlihat kelelahan dan putus asa, saat itu Cristal mau hidup.

Suatu subuh tatkala akan berangkat belanja ke pasar, motornya mogok lagi. Sempat hidup tuh mesin, tapi nggak lama mati lagi begitu seterusnya. Olahraga betis lagi. Sayang sepagi ini nggak ada tetangga yang membantu (masih pagi dan gelap). Suami juga terlihat malas bangun. Dan keajaiban tak terjadi lagi kali ini. Limabelas menit berlalu tanpa kesuksesan.

Memang begitulah yang sering terjadi. Pemilik terkesan enggan merawat atau ganti sparepart, maunya tinggal jalan aja. “Nggak sebanding antara biaya perawatan dengan nilai motornya mas”, munkin begitu pikir empunya. Sayang sekali karena Crystal ini termasuk yang kuat dipakai membawa beban ya..

crystal1

Kalau sudah begitu, tentu Ning Utri kudu siap berolahraga setiap hari.. Kadang berhasil, tapi tak jarang juga ngambek. Bukan salah si Crissy.. :mrgreen:

About these ads

3 thoughts on “Suzuki Crystal , kuat tapi suka ngambek..

  1. Maskur says:

    kencnag di dataran, tapi kurang enak buat tanjakan

  2. izzy says:

    wah ki montor eyang ku je, tu masih di pake tiap hari keliling komplek, eyang ku udah 67 tahun lho tapi masih tangkas pake suzuki crystal ini, namun udah beberapa bulan ini eyang udah agak cape kayaknya, namun tetep montor ini gak mau dia lepas je…montor keramat katanya…he he he…

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s